BIDIK

Kritis, Informatif & Partisipatif

NEWS

Sandiaga Uno : Dari Pesantren Menghadirkan Inisiatif Perekonomian Mandiri

MOJOKERTO, BIDIK – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, turut ambil bagian dalam seminar Green Screen yang diadakan oleh Prof. Dr. KH. Asep Syaifuddin Chalim, M. Ag. Ia menjadi salah satu pemateri dalam seminar yang bertemakan, “Potensi Energi Terbarukan dan Kedaulatan Nasional,” via daring, Jum’at (05/03). Menurutnya, di Indonesia sedang terjadi isu ekonomi dimana energi, polusi udara atau indeks udara menjadi isu utama di Indonesia. Dengan adanya polusi udara dapat menimbulkan atau mendatangkan bencana kesehatan.

Sandiaga Uno berharap dengan adanya acara halaqoh seminar yang dilakukan Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC), bisa menghadirkan solusi-solusi dan juga meningkatkan peran dari pada para santri untuk tetap menjadi santri penuh. Bertujuan untuk memulihkan perekonomian dan tidak sekedar hanya pulih dan bangkit saja, tetapi mendapatkan satu proses atau pertumbuhan berbasis hijau atau pekerja yang ramah dan berkelanjutan.

Terpotret oleh BIDIK, Suasana kegiatan seminar green screen (Jajang/BIDIK).

Beliau juga menyampaikan kepada seluruh santri milenial agar berinisiatif dapat menghadirkan perekonomian mandiri di dalam pesantren-pesantren khususnya di IKHAC yang dapat menghasilkan insentif. “Contohnya ekonomi energi dalam bentuk usaha kuliner. Makanan yang diproduksi sendiri dapat dijual-belikan di dalam pesantren ataupun di luar pesantren, melalui perusahaan ma makanan maupun secara pembelajaran yang dihadirkan pesantren.” Tutur Sandiaga Uno. (Eli/Syn)