BIDIK

Kritis, Informatif & Partisipatif

NEWS

Peringati Isra Mi’raj, Komunitas Mahasiswa Pasundan Adakan Kegiatan Bershalawat.

MOJOKERTO, BIDIK – Untuk meningkatkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, Komunitas Mahasiswa Pasundan (Kompas) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) menggelar kegiatan bershalawat dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad dengan tema “Meningkatkan Ukhuwah Islamiah dalam Membentuk Pribadi yang Profesional dan Istiqomah” di Gedung Tarbiyah IKHAC, Mojokerto pada Rabu (10/03/2021).

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Badan Pengurus Harian (BPH) Kompas, dengan tujuan meningkatkan rasa cinta kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, serta mempererat ukhuwah islamiah. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut diawali dengan lantunan shalawat dari tim hadroh lalu pembukaan formal; membacakan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kompas, sambutan-sambutan serta penutup.

Abduloh Afif selaku Presiden Kompas Periode 2020-2021 dalam sambutannya menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, selain untuk mendapatkan syafaat Rasulullah SAW, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami memiliki harap mendapatkan syafaat serta meningkatkan cinta kepada Rasulullah. Dan saya berharap untuk kedepannya Kompas tetap menjalin silaturahmi sesuai jargon ‘Kompas Kahiji Kompas Ngahiji’, semoga makin kreatif dan inovatif dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kekeluargaan,” uungkasnya.

Sedangkan Muhammad Ilyas selaku Ketua Pelaksana Kompas Bershalawat berharap dengan adanya kegiatan ini Mahasiswa Pasundan bisa semakin kompak, semakin maju dan semakin erat dalam hal silaturahmi.

Pada kesempatan yang sama, beberapa Mahasiswa Pasundan kemukakan pesan dan kesan terkait kegiatan Kompas Bershalawat ini, salah satunya Muhammad Sukri, mahasiswa asal Banten, yang merasa terbangkitkan rasa kekeluargaannya dan berpesan untuk menjaga kekompakan.

“Saya pribadi merasa terbangkitkan kembali semangat rasa kekeluargaan dan kecintaan kepada Baginda Rasulullah dalam acara Kompas Bershalawat ini. Pesan saya, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi terutama dalam menjaga kekompakan,” ungkapnya.

“Saya merasa senang dan bersemangat saat mengikuti Kompas Bershalawat ini, kegiatan ini mendorong semangat bershalawat secara kolektif,” tutur peserta lainnya, Mila Nurqolbi mahasiswi asal Bandung.

Terpotret oleh BIDIK, Mahasiswa Pasundan sedang melakukan kegiatan Shalawat.(Ari/BIDIK),

Kegiatan ini dilanjutkan dengan siraman rohani (mauidhoh hasanah) oleh Yusuf Abdullah, mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Dakwah dan Ushuluddin IKHAC asal Garut. Kemudian acara puncak, yakni Kitab Maulid (Shimtu Ad-duror), diakhiri dengan penampilan kreasi seni Mahasiswa Pasundan, do’a penutup dan foto bersama. (ila/alf).