BIDIK

Kritis, Informatif & Partisipatif

NEWS

Judul : Unik! Akui Desain Sebagai Gaya Hidup, HMJ MPI hadirkan Pelatihan Desain Grafis

MOJOKERTO, BIDIK – Untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan 4.0, Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ MPI) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) adakan pelatihan desain untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas mahasiswa dalam dunia desain grafis. Pelatihan digelar selama lima hari di Gedung Tarbiyah IKHAC, Senin (14/03/2021).

Tema yang diusung pada pelatihan desain ini adalah “Ayo Kenalkan Kampusmu Lewat Desain Grafismu”, harapannya dengan tema ini mahasiswa dapat mempublikasikan kegiatan-kegiatan kampus melalui media yang good looking.

Ketua pelaksana, Abdul Basit menyampaikan bahwa
Dewasa ini desain sebagai gaya hidup “desain itu merupakan gaya hidup mahasiswa, jadi kita jangan terpaku pada prodi, maka dari itu saya dari prodi MPI berani membuka pelatihan desain ini”, ujarnya.

Antusiasme peserta juga nampak dari tiadanya kursi kosong di belakang “Peserta yang mengikuti pelatihan ini melebihi target. Perkiraan hanya 50 orang namun peserta yang ikut sebanyak 84 orang. Tidak hanya dari mahasiswa jurusan MPI saja namun juga diikuti oleh mahasiswa dari jurusan lain, dan ini menjadi energi untuk membuat rencana baru. Insyaallah akan diadakan follow up, karena lima hari ini belum cukup, mudah-mudahan peserta yang ikut pelatihan ini ada stimulus agar bisa menggali dan mengembangkan potensinya” Tambah Abas, ketua pelaksana pelatihan Desain.

Abas menjabarkan peserta difasilitasi dengan aplikasi pendukung yaitu corel draw. Pemateri pelatihan desain dihadirkan dari kalangan mahasiswa yang sudah berpengalaman menjadi desainer, diantaranya Abdul Basit dari Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) , Rafly Muhamad dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Puad Hasyim dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Pelatihan berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai 10.30 WIB setiap harinya, yang dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas harmoni yang dimentori oleh Puad Hasyim, kelas hirarki oleh Rafly Muhamad, dan kelas tipografi oleh Abdul Basit. (mys/ryz)