BIDIK

Kritis, Informatif & Partisipatif

NEWS

Lapak Baca ‘Literasi Punya Kita’, Aksi Nyata Gerakan Mahasiswa di Kampus IKHAC

MOJOKERTO, BIDIK – Guna membangun kesadaran pentingnya akan literasi, mahasiswa Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) berinisiatif menggelar lapak baca bernama ‘Literasi Punya Kita’ di Gedung Tarbiyah IKHAC pada Selasa, (05/10/2021).

Latarbelakang digelarnya lapak baca ini berawal dari keprihatinan beberapa mahasiswa IKHAC yang tergabung dalam ‘Literasi Punya Kita’, mereka memiliki kegelisahan terkait krisis literasi di ruang lingkup mahasiswa. Lapak baca ini digelar mulai pukul 14.00 s/d 19.30 WIB.

Adapun teknis membaca di lapak buku ‘Literasi Punya Kita’ ini adalah; cukup dengan membaca langsung buku-buku tersedia di lapak baca tersebut. Selepas membaca buku, mereka dapat berdiskusi mengenai apa yang telah mereka baca, lalu hasilnya dibuat menjadi tulisan artikel atau essai.

Setelah dua hari berlangsung, antusias mahasiswa IKHAC terhadap lapak baca ‘Literasi Punya Kita’ ini jika dipresentasikan sudah mencapai sekitar 30% dari 100%.

Pada kesempatan ini Amar Ma’ruf selaku penggiat lapak baca tersebut menyampaikan, bahwa; dengan adanya lapak baca gratis ini diharapkan bisa menyadarkan teman-teman mahasiswa akan pentingnya kegiatan literasi. “Yang menjadi harapan dengan adanya lapak baca gratis ini bisa menyadarkan teman-teman mahasiswa untuk mengingatkan bahwasanya yang identik dengan mahasiswa itu bukan cuma membaca saja, tetapi diskusi dan juga menulis. Ketiga elemen ini, menjadi tujuan dari lapak baca ‘Literasi Punya Kita’ ini. Goalsnya adalah bagaimana kegiatan literasi ini bisa melekat pada mahasiswa IKHAC”, ujarnya.

Disamping itu Andhika febrianto selaku mahasiswa IKHAC menyampaikan, lapak baca ini sangat bagus untuk mahasiswa IKHAC dan berharap kedepannya mahasiswa IKHAC lebih giat lagi membaca. “Lapak baca ini sangat bagus, karena di sisi lain menurut pandangan saya sendiri, mahasiswa IKHAC ini masih krisis akan membaca. Padahal membaca itu sangat penting, ketika kita mengeluarkan sebuah argumentasi kita harus memiliki landasan. Harapannya Mahasiswa ikhac bisa lebih giat lagi membaca, memahami Tri Bhakti Mahasiswa, dan membudayakan literasi,” pungkasnya. (mys/ila)