BIDIK

Kritis, Informatif & Partisipatif

NEWS

Kaprodi Piaud : UNDAR Sudah Menerapkan Sistem Pembelajaran Kampus Merdeka, FKIP UNDAR & Fakultas Tarbiyah IKHAC Jalin MoU

MOJOKERTO, BIDIK – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum (FKIP UNDAR) adakan Momerondum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC), dilaksanakan di Ruang Rektorat IKHAC, Rabu (08/12/2021).

Saat diwawancarai, Dwi Bhakti Indri, M.M.Pd., menyampaikan kutipan dari Dr. Bahruddin Al-habsyi selaku Dekan FKIP UNDAR.

“Posisinya di UNDAR ini beliau tadi menyampaikan, UNDAR ini sejak tahun 1970an itu sudah ada perguruan tinggi. Dan kenapa belum terlalu berkembang, karena memang ada berbagai konflik seperti dualisme kepemimpinan kemudian sampai pernah ada musibah dosennya meninggal, dan kebakaran. Akhirnya karena ada musibah sampai sekarang masih ada satu Prodi saja di FKIP UNDAR, lalu karna melihat di IKHAC ini 2015 sudah cukup berkembang bahkan sudah membuka S3 dan di UNDAR ini belum ada S3,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kaprodi Piaud menyampaikan harapan terkait MoU UNDAR dengan IKHAC yang akan saling bekerjasama.

“Bapak Dekan FKIP UNDAR ingin saling bekerja sama, dan kamipun pasti ingin bekerja sama terkait dengan jurnal, karena jurnal yang baik itu 30% dari internal, 70% dari eksternal, dan nanti jika ada ikatan MoU ini sangat baik sekali untuk kedua belah pihak. Selain itu, UNDAR juga sudah menerapkan sistem pembelajaran kampus merdeka, dan di IKHAC ini belum ada, di sini bisanya kerja sama dan saling belajar.”

Lanjut Kaprodi Piaud, menyampaikan sejarah berdirinya UNDAR yang berkaitan dengan Dekan FKIP UNDAR.

“UNDAR berdiri jauh lebih lama dibandingkan IKHAC. Bapak Dekan FKIP UNDAR berkenan untuk berkunjung dan bertukar pikiran ke IKHAC karena saya yakin, beliau adalah sosok yang terbuka. Kalau berkaca dari track record beliau, yang belum genap 35 tahun sudah bergelar Doktor, S2-nya diselesaikan selama 1,5 tahun dengan status beasiswa, begitu pula S3-nya yang juga mendapatkan beasiswa. Barangkali hal itulah yang membuat beliau mempertimbangkan perkembangan kampus kami yang baru saja berumur 6 tahun,” jelasnya.

Di akhir wawancara, Dekan FKIP UNDAR turut menyampaikan harapan terkait MoU UNDAR dengan IKHAC.

Terpotret oleh Bidik, Penandatanganan MoU Oleh Dekan FKIP UNDAR (Mubibban Jamil/BIDIK)

“Harapan kami dari kegiatan MoU ini akan berlanjut pada agreement yaitu tindak lanjut kita dalam proses pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi,” pungkasnya. (tia/syn)